0895110033501 | Jasa Pembuatan Video Stop Motion Terpercaya


 


Jasa Pembuatan Video Stop Motion Terpercaya




ranjasa.com - Semakin hari, perkembangan animasi semakin terlihat dengan banyaknya jenis animasi yang bisa kita jumpai sekarang ini, mulai dari animasi 2D, 3D hingga stop motion. Itulah jasa pembuatan video stop motion semakin dibutuhkan.

Pembuatan video stop motion biasa digunakan untuk sosialisasi, media pembelajaran dan lain sebagainya. Sebelum Anda memilih jasa pembuatan ini, pastikan untuk mengenal pengertian, jenis-jenis hingga cara kerja pembuatan stop motion.


Mengenal Video Stop Motion


Stop motion diartikan sebagai pengambilan animation dalam satu frame individual dengan objek fisik yang dipindahkan antar frame saat melakukan shoot. Gambar yang diambil menciptakan suatu ilusi saat hasil rekaman diputar ulang dengan lebih cepat.

Ilusi tersebut memperlihatkan seolah-olah gambar sedang bergerak seperti video. Pengambil gambar stop motion sebenarnya sama dengan gambar 2D, hanya saja stop motion menggunakan objek fisik, bukan gambar 2D.

Pembuatan motion graphic pada dasarnya melibatkan pengambilan gambar objek, memindahkan objek sedikit demi sedikit, kemudian mengambil gambar dalam frame lain. Setelah itu, Anda tinggal memutar ulang gambar secara berurutan.

Setelah diputar ulang, objek yang ditangkap harus terlihat seperti bergerak, jika tidak maka Anda harus mengambil ulang gambar dari objek tersebut. Itulah mengapa jasa pembuatan video stop motion sangat dibutuhkan karena proses yang melelahkan.






baca juga :  baca juga jasa pembuatan tugas



Jenis Video Stop Motion


1. Animasi Cut Out


Jenis animasi pertama adalah animasi cut out yang digunakan untuk membentuk suatu animasi dengan membuat potongan gambar sesuai bentuk yang diharapkan. Alat peraga dan karakter yang datar adalah alat yang dibutuhkan dalam animasi ini.


Biasanya, animasi ini menggunakan background berupa kertas, foto atau kain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis animasi ini lebih sering diproduksi dengan komputer seperti halnya prinsip kerja pembuatan gambar yang di-scanning.


2. Animasi Clay


Jenis animasi stop motion selanjutnya adalah animasi clay dimana pembuatannya menggunakan clay atau tanah liat yang dibentuk menjadi objek yang akan digerakkan. Tanah liat merupakan bahan elastis yang bisa dibuat menjadi berbagai bentuk.

Beberapa contoh animasi stop motion yang menggunakan teknik ini adalah Chicken Run, Gumby and Pokey dan Corpse Bride.


3. Animasi Puppet (Boneka atau Wayang)


Animasi puppet adalah salah satu jenis animasi stop motion yang sering digunakan. Jasa pembuatan video stop motion ini melibatkan tokoh wayang atau boneka atau figur lainnya sebagai bentuk alam yang lebih sederhana.

Pada umumnya, figur ini terbuat dari bahan-bahan yang bersifat elastis, seperti plastik sehingga mudah digerakkan saat melakukan pemotretan. Beberapa bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan figur, antara lain kertas, kain, tanah liat hingga kayu.


4. Animasi Pixelation


Jenis animasi stop motion lainnya adalah animasi pixilation yang menggunakan aktor hidup, tapi aktor tersebut bertindak seperti boneka. Pemotretan yang dilakukan seperti sop motion biasa dimana sang aktor berpose untuk satu atau lebih frame.

Aktor bergerak sedikit demi sedikit sesuai dengan frame yang ingin dibentuk layaknya boneka yang digerakkan. Jasa pembuatan video stop motion akan membuat sedemikian rupa agar lebih menarik.


5. Animasi Grafis


Selain itu, animasi grafis juga menjadi salah satu animasi stop motion yang sering dijumpai. Jenis animasi ini lebih konseptual dibanding animasi cel tradisional bidang datar maupun animasi jenis cut out.

Meski begitu, teknik stop motion 2D ini menggunakan foto atau gambar sebagai objek animasi. Teknik pembuatan animasi grafis ini dirasa lebih praktis dan mudah.


6. Animasi Objek


Jenis animasi stop motion jenis lainnya adalah animasi objek yang menggunakan benda-benda, seperti balok, kaleng atau boneka jadi tidak perlu dibuat lagi objeknya dari bahan-bahan, seperti tanah liat atau pembuatan iklan 3D.

7. Animasi Siluet

Jenis animasi stop motion terakhir yang biasa dijumpai adalah animasi siluet yang memanfaatkan konsep bayangan. Objek animasi akan digunting dan dirangkai sebagai bayangan gambar gelap atau kita sering menyebutnya siluet.

Lotte German Reiniger adalah pelopor animasi siluet yang sering digunakan sebagai karya seni. Jenis animasi ini juga bisa digunakan dalam pembuatan iklan instagram.

Cara Kerja Video Stop Motion

1. Pra Produksi

Pra produksi pembuatan video ini membutuhkan beberapa tahapan yang harus dilalui, mulai dari naskah, penciptaan karakter dan storyboard. Pembuatan naskah tentu saja membutuhkan ide dan cerita untuk mengembangkan film yang diharapkan.

Dalam naskah tersebut, jasa video membutuhkan karakter sesuai sifat dan perannya di dalam film atau video tersebut. Semua karakter nantinya akan dibuat dalam Lembar Model Karakter untuk memudahkan pembuatan video sesuai jalan ceritanya.

Storyboard merupakan salah satu alat yang digunakan dalam tahap desain film kartun agar lebih mudah. Storyboard sering digunakan dalam pembuatan video berbentuk komik yang berisi cetak biru untuk tindakan dan dialog yang akan muncul di film.

2. Produksi

Cara kerja berikutnya pasti akan melibatkan proses produksi, yaitu pemodelan dan pemotretan. Permodelan di proses produksi berguna dalam menciptakan sebuah bidang secara virtual pada desain karakter dan objek, baik 2D atau 3D.

Pada proses ini, shooting atau pengambilan gambar akan dilakukan menggunakan kamera video, baik digital maupun analog untuk mendapatkan rekaman. Anda bisa memulai pemotretan dengan menekan tombol start lalu lepaskan untuk mengakhiri.

3. Pasca Produksi

Pasca produksi melibatkan tahapan compositing, editing dan rendering yang dilakukan untuk menyempurnakan hasil stop motion. Compositing adalah rekonstruksi adegan terpisah menjadi satu unit kemudian dilakukan proses editing.

Produk editing melibatkan penyatuan klip-klip video atau gambar, penambahan efek, teks, musik hingga transisi. Sedangkan, rendering adalah proses menerjemahkan seluruh background, pergerakan karakter, warna dan lain sebagainya.

Jasa Pembuatan Video Stop Motion Indonesia

Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam pembuatan video stop motion, mulai dari objek, teknik pengambilan gambar hingga proses editing. Semua tahapan tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli dan berpengalaman.

Jika Anda tidak memiliki keterampilan dalam pembuatan video stop motion, maka tidak perlu khawatir karena banyak jasa pembuatan video stop motion yang bisa Anda jumpai, baik secara online maupun offline.

Sulitnya proses pembuatan stop motion, Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memilih jasa pembuatan video stop motion. Mulai dari kredibilitas, fasilitas yang diberikan, portofolio video stop motion, hingga harga yang ditawarkan.

Penting untuk membanding satu jasa dengan jasa lainnya agar Anda bisa mendapatkan jasa video stop motion terbaik. Sekarang, tidak perlu bingung lagi jika Anda membutuhkan jasa pembuatan motion karena sudah ada Ranjasa.

Ranjasa adalah startup jasa di Indonesia yang menyediakan layanan berbagai jasa, termasuk jasa pembuatan video stop motion. Dengan begitu, Anda mendapatkan beberapa pilihan jasa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan video stop motion terpercaya di Indonesia, percayakan saja pada Ranjasa. Anda akan menemukan jasa terbaik untuk setiap kebutuhan, termasuk dalam pembuatan video stop motion berkualitas. 


Kontak Kami yang Dapat Anda Hubungi Segera Jika Ingin Pesan Jasa Pembuatan Video Stop Motion Terpercaya


Berikut kontak kami yang dapat Anda hubungi jika ingin memesan jasa pembuatan video stop motion segera: 


WA: 0895110033501

Email: csranjasa@gmail.com

Web: www.ranjasa.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url