Bingung dengan Model tangga yang akan Dibangun? Gunakan Saja Jasa Buat Tangga Rumah

Bingung dengan Model tangga yang akan Dibangun? Gunakan Saja Jasa Buat Tangga Rumah

Bingung dengan Model tangga yang akan Dibangun? Gunakan Saja Jasa Buat Tangga Rumah

Apakah Anda sedang bingung mencari jasa buat tangga rumah?  Memiliki rumah 2 lantai tentunya membuat Anda juga perlu membangun tangga yang bisa menghubungkan lantai satu dengan lantai dua. Namun ternyata membuat tangga rumah ini juga tidak mudah karena perlu menyesuaikan dengan interior rumah, Bagaimana pembuatannya? Simak artikel di bawah ini.

Inspirasi tangga rumah

Dalam proses pembuatan tangga untuk rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari ukurannya, bentuknya, material yang digunakan dan yang lainnya. Tentunya Anda ingin membangun tangga yang tetap bisa berfungsi dengan semestinya tapi juga tetap selaras dengan interior rumah bukan?

Terlebih jika area yang tersedia untuk tangga tidak terlalu luas, maka perlu dipikirkan secara matang sebelum mulai membangun tangga agar pas dengan area yang tersedia. Jasa buat tangga rumah akan membantu Anda mengambil keputusan terbaik terkait masalah tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh tentang pembuatan tangga, akan lebih baik jika Anda tahu dulu tentang bagian-bagian yang ada di tangga, biasanya melihat tangga hanya menjadi penghubung antar lantai saja, sekarang perlu tahu juga bagian-bagiannya, yakni.

1. Ibu tangga

Anda tentunya familiar dengan istilah anak tangga, tapi pernahkah mendengar istilah ibu tangga? Ibu tangga ini adalah bagian dari tangga yang berfungsi sebagai inti konstruksi dari tangga yakni mengunci, mengikat, dan juga menopang anak tangga, maka dari itu ibu tangga ini biasanya dibuat menggunakan bahan atau material yang kokoh.

Beberapa material yang biasanya digunakan untuk membuat ibu tangga diantaranya adalah baja, kayu, beton bertulang, dan material kokoh lainnya. Ibu tangga ada yang dibuat hanya dengan satu material saja, ada juga yang dibuat dengan kombinasi material antara anak tangga dan juga ibu tangga.

2. Anak tangga

Inilah bagian tangga yang banyak dikenal oleh orang, anak tangga ini memiliki fungsi sebagai pijakan kaki saat Anda menaiki ataupun menuruni tangga. Oleh karenanya, anak tangga ini dibuat dengan ukuran tertentu agar Anda bisa nyaman saat memijakkan kaki dan tidak berbahaya.

Selain itu, ada beberapa material yang juga digunakan untuk membuat anak tangga ini, material tersebut antara lain keramik, marmer, granit, dan juga kayu.

3. Railing

Tangga rumah ada yang dibangun dengan pegangan, ada juga yang tanpa pegangan, pegangan inilah yang disebut sebagai railing. Tentunya railing pada tangga rumah ini sangatlah bermanfaat untuk membantu baik lansia ataupun anak-anak yang sulit berjalan dan menaiki ataupun menuruni tangga. Railing ini bisa dibuat menggunakan material, kayu atau besi. Saat Anda akan membuat railing, usahakan agar memilih yang nyaman untuk dipegang serta perhatikan juga keamanannya.

4. Baluster

Bagian lain dari tangga rumah adalah baluster yang berfungsi sebagai penyangga atau pengikat railing, terkadang baluster juga disebut sebagai pagar tangga karena memang bentuknya seperti pagar yang menghalangi siapa saja terutama anak kecil agar tidak terperosok saat berjalan di tangga, baluster ini benar-benar pengaman pada sisi tangga yang sangat berguna.

Material yang digunakan untuk membuatnya biasanya disamakan dengan material railing, walaupun berbeda juga bukan menjadi masalah.

5. Bordes

Bagian terakhir dari tangga yang perlu Anda tahu adalah bordes, pasti Anda pernah melihat ada bagian yang dibuat cukup luas di antara anak tangga bukan? Itulah yang disebut bordes, dibuat dengan lebar sekitar 80 cm hingga 100 cm, tempat ini bisa digunakan untuk istirahat sejenak ketika Anda sedang menaiki atau menuruni tangga. Selain itu, bordes ini bisa juga digunakan sebagai tempat peralihan anak tangga ketika harus melewati belokan. 

Model tangga rumah

Setelah mengetahui bagian dari tangga rumah, Anda juga perlu tahu tentang model-model tangga rumah yang biasanya digunakan. Jika Anda masih bingung untuk memilih model yang tepat untuk rumah Anda, jasa buat tangga rumah akan turut membantu Anda memberikan gambaran terkait model tangga yang cocok. Beberapa pilihan modelnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Tangga model lurus

Tangga yang bermodel lurus termasuk banyak digunakan di rumah, hal ini dikarenakan tangga model ini membuat Anda mudah saat menaiki maupun menuruninya, dalam proses pembuatannya pun cukup mudah dengan pengukuran railing yang sederhana serta tidak repot saat pemasangan baluster dan railing, sangat cocok digunakan untuk rumah minimalis. Namun sayangnya tangga model lurus ini terlalu memakan tempat.

2. Tangga berbentuk L

Tangga yang berbentuk L ini merupakan model tangga lurus yang dibengkokkan di bagian tertentu, sekaligus dipasang bordes pada bagian belokan yang memiliki sudut 90 derajat. Tangga model ini lebih aman digunakan karena memiliki bordes dan bisa diletakan di sudut ruangan yang membuat desain rumah jadi lebih bagus, sayangnya cukup repot dalam pemasangan railingnya karena perlu keahlian khusus.

3. Tangga berbentuk U

Jika belokan pada tangga bentuk L adalah 90 derajat, maka pada tangga bentuk U memiliki belokan sebesar 180 derajat dengan dibuat bordes sebagai penghubung antar anak tangganya. Model tangga ini memberikan visual yang sangat menarik, sayangnya proses pembangunannya jauh lebih sulit dibandingkan dengan model lainnya.

4. Tangga model winder

Model tangga ini adalah variasi dari model tangga bentuk L, hanya saja tidak ada bordes disetiap belokannya, secara visual tangga model winder ini lebih menarik, apalagi hanya memerlukan area yang tidak terlalu luas, tapi dalam proses pemasangan railing ada kesulitannya tersendiri.

5. Tangga model spiral

Jika Anda ingin model tangga yang desainnya sangat unik, maka bisa memilih tangga model spiral ini, apalagi proses pemasangannya juga lebih mudah, hanya saja bentuk tangga seperti ini tidak disarankan untuk dijadikan sebagai tangga utama karena sulit dinaiki terlebih saat membawa barang besar, dan hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja dalam satu waktu.

6. Tangga model lengkung

Model tangga lengkung ini memberikan kesan yang elegan dan cocok untuk arsitektur kontemporer, selain itu mudah juga untuk dinaiki, sayangnya dalam proses pembangunannya memiliki tingkat kesulitannya sendiri dan harganya juga cukup mahal.

7. Tangga model topang

Jasa buat tangga rumah juga menyediakan tangga dengan model topang, tangga ini dibuat seakan-akan anak tangganya mengapung di udara karena anak tangganya tertaut pada dinding rumah, model ini membuat ruangan jadi terlihat lebih luas, sayangnya jika akan memasang model tangga seperti ini perlu dipastikan dulu kekuatan dari bangunannya, apakah bisa menopang pada berat tertentu atau tidak, dan juga harganya yang cukup mahal.

8. Tangga yang bercabang

Pernah melihat tangga bercabang ke dua arah berlawanan yang biasanya ada di rumah mewah? Seperti itulah gambaran dari tangga model ini, terlihat sangat menarik bukan? Namun sayangnya model tangga ini memerlukan tempat yang luas dan perlu disesuaikan dulu dengan desain rumahnya, selain itu harganya juga jauh lebih mahal.

9. Tangga panjat

Tangga model ini biasanya digunakan untuk naik ke loteng, dengan desain yang sederhana membuat tangga ini cukup murah, bisa juga didesain agar bisa dilipat, hanya saja cukup sulit untuk dinaiki.

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat akan membuat tangga rumah, Gunakan jasa buat tangga rumah agar pembuatan tangga bisa lebih cepat dan tentunya sesuai dengan desain, ukuran, dan juga kebutuhan rumah Anda.

Kami tersedia jasa pembuatan tangga rumah profesional. Info lebih lanjut hubungi kami di

WA: 0895110033501

Email: csranjasa@gmail.com
 
Web: www.ranjasa.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url