Indonesia Website Awards

0895110033501 | Jasa Tuning Vokal Berkualitas

jasa tuning vokal

0895110033501| Jasa Tuning Vokal Berkualitas 

 

Jasa tuning vokal berarti sebuah pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh ahli untuk melakukan penyempurnaan vokal serta musik. Percayakan pada Ranjasa.

Vokal menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam sebuah karya musik, karena nantinya ini akan menentukan bagaimana sebuah penampilan ketika live maupun rekaman. Diperlukan adanya jasa tuning vocal Berkualitas yang paling berkualitas agar sesuatu yang dihasilkan berkualitas pula.

Masyarakat tentunya akan lebih meletakkan perhatian pada vokal. Seenak apapun musik, apabila vokalnya fals maka tidak lagi enak didengar. Anda pasti sudah pernah mendengar istilah autotune atau manual tone.

Apa Itu Tuning Vokal?

Pengertian dari tuning vokal sendiri adalah sebuah proses editing vokal atau intonasi agar sesuai dengan nada yang diharapkan tapa mempengaruhi aspek lainnya dari suara. Beberapa musisi melakukan proses ini dengan dua cara.

Pertama adalah autotune yang menurut beberapa orang, mampu mengubah suara kurang enak menjadi baik sehingga dirasa tidak perlu melakukan olah vokal terlebih dahulu.

Kedua adalah manual tune, sayangnya ini masih jarang diketahui oleh banyak orang padahal keberadaannya sangat penting. Berikut perbedaan keduanya.

baca juga: Jasa Aransemen Musik

Perbedaan Auto Tone dan Manual Tone

1. Auto Tune

Sebenarnya tidak diketahui secara pasti darimana penyebutan ini muncul. Namun beberapa ada yang mengatakan bahwa istilah ini mulai diperkenalkan ketika munculnya sebuah layanan untuk menyunting vokal yang digunakan engineer pemula hingga masyarakat umum.

Software auto tune menyimpan rumus atau algoritma yang mampu melakukan penyuntingan terhadap pitch vokal cukup hanya mengaplikasikan preset yang tersedia atau memutar knob. Mulai dari sini mulai terpikirkan jika suara yang jelek bisa diubah menggunakan software ajaib ini.

Sayangnya, fitur tersebut statusnya sebagai pembantu audio engineer agar bisa bekerja dengan lebih cepat dengan tetap memakai pemeriksaan secara manual jika ada kejanggalan pada kualitas pitch, transisi dan lain-lain.

Selain itu, walaupun sudah dilengkapi dengan layanan atau fitur otomatis yang  istimewa perlu diketahui bahwa jasa tuning vokal atau seorang pemeriksa audio yang idealis sangat meminimalisir penggunaannya. Mereka lebih senang jika menggunakan koreksi manual.

Mengapa? Karena koreksi manual atau manual tune busa memunculkan suatu hal yang unik atau karakter khusus. Biasanya software ini digunakan oleh seorang editing audio yang tidak terlalu peduli tentang detail tune atau idealismenya.

2. Manual Tune 

Jika ada istilah auto tune, berarti ada manual tune yang mana hingga saat ini terkadang beberapa orang sering keliru dalam memahaminya. Proses pemeriksaan secara manual sering dianggap sebagai auto tune, padahal keduanya jelas berbeda.

Proses auto tune hanya membutuhkan waktu selama 3 hingga 4 menit saja dalam menggarap vokal. Sebaliknya, untuk manual tune membutuhkan sekitar 2 hari agar mendapatkan hasil yang baik dan enak didengar.

Waktu tersebut belum termasuk koreksi pitch dan backing vokal. Pastinya membutuhkan waktu lebih lama lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa kurang tepat jika hal ini dilontarkan terus menerus pada audio engineer dan menyamaratakan proses editing yang hanya mengandalkan fitur saja.

  • Proses manual tune atau pitch correction membutuhkan keahlian khusus meliputi ketelitian untuk memeriksa mana yang in atau out nada dari seorang vokalias dan kedua adalah ketelitian suara terhadap sebuah dinamika.
  • Pengkoreksian beberapa hal yang tidak seharusnya ada seperti kecapan lidah atau suara nafas juga sangat diperlukan agar bisa mengolahnya menjadi sesuatu yang enak didengar. 

Namun, ada beberapa audio engineer yang memasukkan suara nafas untuk memberikan kesan natural.

  • Belum lagi kemampuan dalam membedakan tangga nada dengan solmasi yang pas. Bisa Anda analogikan, kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan oleh  jasa tuning vocal berkualitas agar benar-benar berpengalaman? Pastinya membutuhkan waktu yang lebih.

Proses ini dilaksanakan dengan memberikan perbaikan pada nada, suku kata satu persatu, kemudian dilanjutkan dengan time alignment yang artinya penyamaan terhadap tempo lagu, minus one tersebut. Tak ketinggalan juga ada pengolahan dinamika.

Apabila semuanya sudah selesai, maka waktunya finishing yang mana seorang audio engineer harus memeriksa kembali hasil yang sudah dikoreksi secara utuh.

Jika Anda bertanya terkait biaya jasa pembuatan musik atau tuning vokal di ahli, maka jawabannya berbeda-beda. Antara satu jasa dengan lainnya bisa lebih mahal atau murah, tergantung bagaimana kualitas yang dihasilkan.

Namun, layanan studio musik rata-rata mematok biaya Rp70.000 per jamnya untuk recording. Harganya bisa lebih mahal lagi jika ditambah dengan aransemen musik sesuai keinginan.

Penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda sebagai seorang seniman atau penikmat musik. Prosesnya memang lumayan merepotkan, namun Anda bisa mempercayakannya kepada seorang ahli atau jasa yang expert di bidang itu.

Mereka akan mulai melakukan koreksi nada, suara dan lain sebagainya hingga menghasilkan sesuatu yang sempurna. Istilah zaman sekarang atau lebih tepatnya kaum millenial adalah musik dan suaranya sangat sopan masuk di telinga.

Jasa Tuning Vokal Berkualitas 

Ranjasa merupakan jasa pembuatan musik yang menjadi solusi bagi Anda yang sedang ingin menciptakan musik profesional dengan kualitas tertinggi. 

Beberapa orang memang menganggap ini adalah hobi untuk mengisi waktu menganggur saja, namun ada juga yang menjadikannya sebagai penghasil uang.

Apapun tujuannya, setiap orang pasti menginginkan karyanya menjadi kebanggan semua orang, diterima dengan baik hingga pada akhirnya melekat di hati masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan proses yang serius dan mempercayakan kepada ahlinya.

Ranjasa memiliki audio engineer atau ahli lainnya yang profesional, lengkap dengan segala peralatan atau instrumen yang dibutuhkan untuk melakukan edit dan koreksi tune. Anda bisa mempercayakan segala jenis lagu baik itu dangdut, jazz, rock, dan lain sebagainya.

Tidak hanya melakukan koreksi suara atau tuning vokal saja tetapi juga pembuatan lirik, recording, instrumen yang semua itu dikerjakan oleh seorang yang ahli dan berpengalaman sehingga tercipta sebuah musik yang sesuai dengan harapan.

Ranjasa sebagai jasa tuning vocal akan melakukan serangkaian proses editing, baik intonasi maupun vokal agar sesuai dengan nada yang diinginkan.

Kelebihan Menggunakan Jasa Tuning Berkualitas 

Tentunya penggunaan software tetap dibutuhkan yang sifatnya menunjang pekerjaan. Jadi bukan masalah auto tune atau manual tune karena yang terpenting adalah subjeknya. 

Ranjasa tidak akan membuat proses ini mempengaruhi aspek lain dari suara. Audio engineer akan melakukan analisa perihal amplitudo frekuensi yang ada di dalam suara untuk menentukan bentuk suara dari vokalis. 

Tujuannya adalah untuk melakukan kontrol satu set filter di recording sesuai dengan harapan. Tuning vokal seperti yang sudah dijelaskan di atas berguna untuk mengubah gelombang sesuai dengan nada terbaik. 

Ranjasa sudah membekali audio engineer dengan perangkat lunak penyetelan vokal yang profesional dan kekinian, sehingga hasil akhirnya tidak akan mengecewakan dan tetap kekinian.

Jika bertanya tentang harga, silahkan langsung WA admin kami. Atau langsung membuka websitenya. Tenang saja, konsultasi atau bertanya-tanya sifatnya gratis, jadi Anda tidak akan kehilangan apapun.

Mencari jasa tuning vokal paling berkualitas se-Indonesia, hanya di Ranjasa. Pengerjaan yang detail, menyeluruh, dan teliti membuat vokal dan musik menjadi perpaduan yang sempurna. 

Kontak WA Ranjasa

 Berikut kontak kami yang dapat Anda hubungi sekarang juga:

 

WA: 0895110033501

Email: csranjasa@gmail.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url