Jasa Mastering Lagu Profesional Berkualitas

 

jasa mixing mastering



Jasa mastering lagu profesional berkualitas banyak dicari oleh banyak musisi. Pastikan memilih jasa yang tepat agar kualitas yang didapatkan juga sesuai harapan.

 

Proses mastering sudah biasa dilakukan sebelum menghasilkan musik yang enak didengarkan. Saat melakukannya, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan dan menjadi ritual bagian tak terpisahkan. Prosedur ini pula yang selalu diterapkan oleh jasa mastering lagu profesional.

Rangkaian prosedur tersebut bisa dirangkum menjadi sebuah tips agar lebih mudah ketika melakukan mastering. Penasaran apa saja? Mari simak pembahasan berikut ini, lengkap dengan rekomendasi jasa yang profesional dalam melakukan mastering.

Jasa Mastering Lagu Profesional

Apakah Anda sedang mencari jasa mastering lagu profesional? Ranjasa Music Studio merupakan jasa yang melayani mastering, walaupun hanya menggunakan satu stereo saja namun dinilai sangat penting. 

Tujuannya agar sound terdengar lebih halus, terutama bagi para musisi yang merasa soundnya kurang lebar atau bersih. Ranjasa akan melakukan penyempurnaan dari hasil mixing sehingga menghasilkan musik yang lebih enak didengar dan halus. 

Proses ini memudahkan para musisi untuk menemukan kekurangan atau kesalahan yang ada pada saat mixing.

baca juga: jasa tuning vokal

Tips Melakukan Mastering Audio

Tips atau trik muncul dari seseorang yang profesional dan pengalaman di bidangnya. Tujuan dibuatnya adalah untuk membimbing atau memberikan wawasan kepada orang lain agar mastering lagu berhasil, sehingga musik yang dihasilkan menjadi karya yang mendapatkan tempat di hati.

1.     Memperkaya Telinga dengan Mendengarkan CD

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan genre musik yang akan dimastering. Setelah itu, baru meminjam atau membeli dari album band atau artis besar dengan genre yang sesuai.

Sekedar saran, referensi ini sebaiknya diusahakan berasal dari CD audio bukan MP3 karena kualitas suaranya akan berpengaruh. Tujuannya sudah pasti membiasakan telinga para audio engineer dengan sound lagi di genre tersebut.

Mengingat bahwa bagaimanapun juga setiap genre musik memiliki ciri khasnya tersendiri, terutama dari pengaturan power RMS dan EQ. Mendengarkan musik dari CD lain ini bisa dijadikan sebagai sebuah "ritual” sebelum melakukan mastering lagu.

Selain itu, apabila didengarkan di tengah-tengah proses mastering maka bisa mengistirahatkan atau merefresh telinga. Mengingat para audio engineer akan mendengarkan lagu yang di mastering berkali-kali dan itu akan membuatnya cukup lelah.

baca juga: jasa pembuatan minus one tercepat

2.     Mendengarkan Lagu dari Beberapa Posisi

Jika Anda sedang mencari jasa mastering lagu, usahakan yang lincah, bukan yang hanya terpaku duduk di speaker monitor saja. Ketika sedang mendengarkan lagu dalam proses mastering, terkadang tubuh harus digeser baik itu ke kanan atau kekiri, mundur atau maju.

Posisi ini dilakukan agar Anda bisa mendengarkan mastering dari segi yang berbeda. Tak jarang juga beberapa audio engineer sedikit menaikkan volume lagu yang di mastering dari ruangan sebelah.

Hal ini dikarenakan speaker monitor audio merupakan alat yang sudah disetting sedemikian rupa agar bisa fokus ke telinga engineer yang pada umumnya ia hanya akan duduk di tengah speaker tersebut. Padahal nantinya musik atau lagu akan dinikmati oleh orang lain.

Tandanya dari berbagai posisi musik atau lagu harus tetap terdengar baik sehingga orang lain nyaman ketika mendengarkannya. Tips ini memang sedikit merepotkan dan terkadang membuat lelah. 

Namun percayalah, tidak ada perjuangan yang mudah untuk menghasilkan sebuah karya yang berkualitas. Untuk melakukannya, bisa mengandalkan jasa dari Ranjasa Music Studio. Dijamin hasilnya memuaskan dibandingkan dikerjakan oleh amatir. 

3.     Mendengarkan Lagu Pada Mode Mono

Tips selanjutnya dalam melakukan mastering adalah Anda harus mendengarkan lagu pada mode mono. Terkadang orang lain akan mendengarkan dalam mode ini karena salah satu speaker atau sound system mereka bermasalah.

Bisa juga mereka mendengarkan dari tape deck kakek atau nenek yang sudah lampau dan RBT yang bisa didownload oleh siapa saja. Selain itu, pada umumnya, para content provider akan meminta lagu atau musik yangs udah dimastering dalam durasi 30 menit pada mode mono.

Tugas pihak yang melakukan mastering adalah membuat hasil yang bagus. Walaupun sedang didengarkan pada mode mono yang kualitas soundnya sangat jelek, tidak terlalu terdengar dan berantakan. Ranjasa Music Studio pasti melakukannya dengan baik.

Perlu dilakukannya proses yang dinamakan mono checking dengan beberapa software baik berbayar maupun tidak. Namun, jasa yang profesional jelas akan menggunakan yang berbayar untuk menunjang hasil dari audio atau lagu yang di mastering.

Pada software tersebut seseorang akan menemukan konfigurasi mono pada bagian multiband stereo imaging. Sampai sini bisa dipahami, kan?

4.     Mendengarkan Hasil Mastering Audio Pada Volume yang Berbeda

Jasa mastering lagu profesional yang profesional biasanya sering mendengarkan lagu yang di mastering dalam volume normal. Secara bertahap dinaikkan menjadi volume yang keras, sangat keras, pelan, sangat pelan, dan lain sebagainya.

Tujuannya untuk mengetahui bagaimana sound dari lagu tersebut ketika sedang didengarkan oleh orang lain di level yang beragam, sesuai keinginan dan suasana hati. Anda bisa meniru tips ini ketika ingin melakukan proses mastering secara mandiri.

Namun jika tidak mau repot dan khawatir hasilnya berantakan, maka bisa dipercayakan kepada jasa atau ahlinya.

5.     Dengarkan Sound System dan Speaker Berbeda

Tips selanjutnya yaitu harus membuat beberapa versi dari hasil mastering. Jangan lupa juga untuk burn ke dalam CD audio, kemudian mendengarkan hasilnya di stereo system baik di laptop, mobil, kantor atau rumah.

Tidak perlu terlalu terobsesi dengan mencari detail perbedaan secara lebih spesifik, cukup dijadikan gambaran bagaimana hasil mastering jika didengarkan di tempat yang berbeda.

6.     Mendengarkan Besok Paginya

Ketika sudah puas dengan hasil mastering yang dilakukan atau justru sebaliknya merasa masih ada yang kurang, maka matikan lagu tersebut dan pergilah tidur. Anda bisa mendengarkannya besok paginya.

Tujuan dari cara ini adalah agar bisa menemukan kesalahan atau kelebihan yang dilakukan pada saat mastering sebelumnya. 

Bahkan pada beberapa proyek tertentu yang tidak memberikan deadline kepada audio engineer maka bisa dipastikan mereka akan mendengarkan kembali 2-3 hari sembari menunggu telinga refresh.

7.     Tips Tambahan Lainnya

Apabila proyek yang sedang dikerjakan menjadikan Anda musisi, mixing engineer atau arranger hingga merangkap menjadi produser, maka usahakan untuk mempercayakan proses mastering kepada orang lain atau jasa yang terpercaya.

Mengapa hal ini dilakukan? Karena bisa dijadikan sebagai perbandingan dengan hasil masteran sendiri. Selain itu, juga sebagai alternatif jika memang sudah lelah dengan proses produksi dan ingin hasil yang lebih maksimal.

Mengingat bahwa pembuatan audio atau lagu tidak semudah yang dibayangkan dan tidak bisa dilakukan dengan otak atau kondisi yang sedang lelah. Apabila hal ini terpaksa dilakukan, maka bisa saja terjebak pada kesalahan-kesalahan mendasar.

Contohnya adalah terlalu banyak memberikan extra treatment pada suara yang sebenarnya tidak terlalu diperhatikan oleh orang lain. Sebaliknya justru mengabaikan mastering pada suara yang ingin didengar.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah mencari jasa mastering lagu profesional berkualitas yang benar-benar menerapkan beberapa prinsip di atas jika Anda ingin hasil karya berkualitas. Pastikan memilih Ranjasa Music Studio untuk mastering lagu profesional dan berkualitas.

 

Kapan lagi mendapatkan hasil yang sempurna kalau bukan mempercayakan jasa mastering lagu profesional berkualitas di Ranjasa Music Studio. Silahkan langsung buka websitenya di ranjasa.com, dan hubungi nomor WhatsApp yang bisa dihubungi untuk melakukan pemesanan. 


WA: 0895110033501

Email:csranjasa@gmail.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url