Indonesia Website Awards

0895110033501 | Jasa Sound Engineer, Edit Audio, Edit Vokal Paling Berkualitas

 

jasa sound engineer

0895110033501| Jasa Sound Engineer, Edit Audio, Edit Vokal paling Berkualitas

Ranjasa.com - Jasa sound engineer, edit audio, edit vokal membutuhkan keahlian khusus agar menghasilkan musik berkualitas. Percayakan pada Ranjasa Music Studio.

Mungkin bagi yang fokus ke dunia musik tidak asing lagi dengan jasa sound engineer, edit audio, edit vokal dan lain sebagainya. Masing-masing profesi tersebut memiliki keahlian masing-masing, baik dari segi keperluan panggung ataupun studio.

Sebagai seorang arranger atau produser sangat memahami trik dari seorang sound engineering, betapa pentingnya peranan dalam sebuah musik dan apa saja job desknya. Namun karena membuat sebuah karya itu adalah kerja sebuah tim, maka diperlukan ide yang maksimal.

Keahlian yang Harus Dimiliki Oleh Sound Engineer, Edit Audio, Edit Vokal

Pekerjaan apapun baik sound engineer, edit audio atau vokal sering disalah artikan bahkan direndahkan. Padahal pekerjaan tersebut membutuhkan detail yang menyeluruh, belajar banyak dan pengalaman.

Gambaran tentang apa saja tahapan kerja dari sound engineer yang bekerja di studio atau untuk FOH adalah sebagai berikut dengan hasil akhir musik harus enak didengar oleh semua kalangan:

1. Membuat Rough Mix

Rough Mix merupakan hasil balance dari penggunaan efek yang minimal. Tujuannya agar hasil rekaman mampu didengarkan oleh sound engineer, edit audio dan vokal secara lebih detail.

Keahlian ini juga digunakan untuk memeriksa apakah ada bagian yang perlu dilakukan perekaman ulang atau hanya sekedar diedit saja. Hal ini tidak dimiliki oleh seseorang, bahkan musisi sekalipun karena seringkali hasil rough mix disalah artikan sebagai hasil akhir.

2. Sound Editin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas edit audio adalah keahlian yang harus dimiliki pada pekerjaan yang berhubungan dengan musik. Namun hal ini tergantung musisinya, karena ada beberapa yang sudah puas dengan sound asli tanpa harus melakukan editing lagi.

Biasanya yang paling awal diedit adalah drums, yang mana standar rekaman modern saat ini pada tiap beatnya harus in time. Fokusnya adalah snare dan sound kick yang bisa saja digeser agar lebih presisi.

Selanjutnya adalah bass yang mengikuti kick drums, pada beberapa kasus tingkat ketelitian pada saat rekaman kurang atau ada masalah pada kemampuan main sehingga kick dan bass kurang in time. Tentunya jika tidak disempurnakan maka akan mempengaruhi hasil mixing.

Beberapa mempercayakan masalah ini kepada jasa sound engineer, edit audio, edit vokal yang berpengalaman dan ahli di bidangnya karena terkadang cukup susah untuk melakukannya.

3. Menentukan Tata Letak Suara

Bagi sound engineer, edit audio dan vokal, keahlian menentukan tata letak suara adalah yang paling rumit. Mengapa? Karena membutuhkan imajinasi tingkat tinggi. 

Suara bagaimanapun tidak terlihat ternyata tata letaknya harus sedemikian rupa agar semuanya seimbang dan terdengar sebagaimana mestinya. Pada saat rekaman, instrumen akan direkam satu persatu atau berbarengan. 

Contohnya adalah drums, karena terdiri dari berbagai komponen seperti cymbals, toms, snare dan lain sebagainya maka dibutuhkan banyak microphone sekaligus. Pada umumnya akan ada 8 input yang akan dilakukan proses mixer, namun terkadang juga lebih. 

Secara default, mixer akan membaca semua hal tersebut letaknya di tengah. Padahal tidak sepenuhnya benar, sound engineer akan mengatur posisi pan dari masing-masing input. Tujuannya agar terdengar seolah drums ada di depan sesuai dengan letak bagiannya masing-masing. 

Hal ini juga dilakukan atau diterapkan pada instrumen lain nya ketika sudah direkam. Perlu disesuaikan lagi dengan posisi pannya agar tidak terlalu berada di tengah semua.

Seperti posisi di panggung, suara vokal utama biasanya kan selalu di tengah, namun tidak untuk backing vokal atau instrumen musik yang lainnya, sampai sini apakah bisa dipahami?

4.Dimensi dan Frekuensi

Jasa sound engineer, edit audio, edit vokal harus paham betul perihal keahlian yang satu ini. Secara awam, suara itu hanya diperhitungkan berdasarkan besar kecilnya level, padahal tidak karena sound engineer mungkin saja melakukan beberapa teknik boost atau cut frekuensi.

Bisa juga diberi beberapa efek. Pertama adalah gate jika level suara tertentu tidak keluar. Kedua filter atau EQ untuk melakukan cut frekuensi yang tidak perlu. Ketiga reverb untuk membuat suara jadi tidak fokus di satu tempat atau lainnya yang terbaru dan terupdate.

Hasil yang akan didapatkan adalah tanpa menaikkan level sekalipun suara dari seorang vokal tetap akan terdengar jelas walaupun berada di belakang drums.

Jadi itu dia beberapa keahlian dari sound engineer, edit audio dan edit vokal yang harus dimiliki. Mengingat betapa kacaunya sebuah musik jika sebelumnya tidak dilakukan pengeditan atau penyempurnaan terlebih dahulu. 

Pastinya beberapa keahlian di atas harus di update seiring dengan perkembangan zaman. Tujuannya agar menghasilkan mixing yang baik dan menghasilkan karya yang dicintai oleh semua masyarakat. Jika ingin hasil yang sudah pasti berkualitas, gunakan jasa dari Ranjasa Music Studio.

baca juga: jasa pembuatan minus one

Rekomendasi Jasa Sound Engineer, Edit Audio, Edit Vokal Berkualitas

Sekedar tambahan, beberapa informasi di atas yang dimaksud dengan sound engineer adalah seseorang yang memiliki gelar, mampu merancang adanya simulasi akustik ruangan, membentuk algoritma pemrosesan sinyal digital, berkecimpung di dunia musik, dan banyak lagi yang lainnya.

Profesi ini menuntut untuk lulus dari sebuah perguruan tinggi atau universitas dan telah lulus uji kualifikasi. Jadi bagi Anda yang sedang mencari jasa untuk mempercayakan pengeditan musik dan vokal Anda, maka pastikan dulu bahwa jasa ini memang benar-benar berkualitas.

Dimana jasa sound engineer, edit audio, edit vokal yang berkualitas? Jawabannya hanya di Ranjasa. Apa saja yang akan didapatkan, ini dia rinciannya:

1. Aransemen Lagu

Ranjasa Music Studio menerima jasa pembuatan aransemen lagu yang mencakup semua genre musik. Anda bisa mempercayakan baik lagu ciptaan sendiri maupun milik orang lain. Pastinya sudah melalui izin terlebih dahulu ya.

Ada berbagai macam jenis musik yang bisa diaransemen. Contohnya adalah musik dangdut, keroncong, jazz, pop, rap, melayu, reggae dan lain sebagainya. Jangan khawatir karena prosesnya sudah dipegang oleh para ahlinya lulusan perguruan tinggi ternama.

2. Mixing

Ranjasa juga menerima jasa mixing sebuah lagu yang mana ada proses panjang yang dilewati dengan urutan pemberian gan staging, eqing, reverb, delay, autotune, amplify dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Mastering

Tak ketinggalan juga Ranjasa akan melakukan mastering sebagai bentuk penyempurnaan lagu yang sudah di mixing. Jadi bagi Anda yang baru belajar perihal musik dan ingin mempercayakan semua prosesnya mulai dari perekaman, mastering hingga hasil akhir maka percayakan di Ranjasa.

Lalu berapa harganya? Tenang saja, tidak akan menguras kantong. Anda  bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan membuka website Ranjasa.com. Disana, juga ada nomor telepon customer service atau admin yang bisa dihubungi.

Jadi tunggu apalagi? Cari jasa sound engineer, edit audio, edit vokal maupun jasa pembuatan aransemen yang berkualitas? Ya, hanya di Ranjasa tempatnya. Dijamin tidak akan mengecewakan Anda. 

Pesan Segera Jasa Sound Engineer, Edit Audio, Edit Vokal Paling Berkualitas

 

WA: 0895110033501

Email:  csranjasa@gmail.com

 

 

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url